Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Gasal di SMK Nurul Islam Jepara Tahun Pelajaran 2025/2026 Berjalan Tertib dan Lancar

Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Gasal di SMK Nurul Islam Jepara tahun pelajaran 2025/2026 telah berlangsung dengan tertib, lancar, dan penuh antusiasme dari seluruh peserta didik. Kegiatan evaluasi ini merupakan bagian penting dari proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik selama satu semester pada semua mata pelajaran yang dipelajari.

Pelaksanaan SAS Gasal di lingkungan SMK Nurul Islam Jepara dilaksanakan mulai tanggal 1 desember – 6 desember 2025, dan diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas X, XI, dan XII dari semua kompetensi keahlian yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), serta Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL).

📥 Download Jadwal SAS (PDF)

Tujuan Pelaksanaan SAS Gasal

Sebagai sekolah kejuruan berbasis kurikulum merdeka, SAS Gasal dilaksanakan untuk beberapa tujuan berikut:

  1. Mengukur pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran selama satu semester.
  2. Menganalisis perkembangan akademik sebagai dasar perbaikan strategi pembelajaran pada semester berikutnya.
  3. Menumbuhkan budaya disiplin, kejujuran, dan tanggung jawab pada diri peserta didik.
  4. Memberikan umpan balik bagi guru, sekolah, dan orang tua mengenai perkembangan capaian pembelajaran peserta didik.

Selain itu, hasil asesmen ini akan menjadi salah satu acuan dalam menentukan kelulusan belajar peserta didik serta kesiapan mereka melanjutkan ke materi pembelajaran tingkat berikutnya.

Teknis Pelaksanaan SAS

Pelaksanaan SAS Gasal SMK Nurul Islam Jepara menggunakan dua model evaluasi, yaitu:

🔹 SAS berbasis Computer Based Test (CBT) untuk mata pelajaran yang siap dan sesuai implementasi digital.
🔹 SAS berbasis Paper Based Test (PBT) atau ujian berbasis kertas untuk mata pelajaran lain sesuai kebutuhan.

Setiap ruang ujian diawasi oleh pengawas internal sekolah guna menjaga ketertiban, keamanan, dan integritas pelaksanaan asesmen. Peserta didik hadir tepat waktu dengan perlengkapan yang telah ditetapkan sekolah.\

Peran Guru dan Panitia SAS

Guru mata pelajaran terlibat dalam penyusunan instrumen asesmen, blueprint soal, serta rubrik penilaian agar sejalan dengan capaian pembelajaran pada semester gasal. Sementara panitia SAS bertanggung jawab pada:

  • Pembagian jadwal dan kartu peserta ujian
  • Pengaturan ruang dan perangkat ujian
  • Koordinasi pengawasan dan dokumentasi
  • Pengolahan nilai dan pelaporan hasil asesmen

Dengan perencanaan yang matang, kegiatan SAS Gasal berjalan kondusif dari hari pertama hingga terakhir.

Kesan dan Kegiatan Peserta Didik

Peserta didik mengikuti SAS Gasal dengan penuh kesungguhan. Banyak di antara mereka yang memanfaatkan waktu luang untuk belajar bersama, berdiskusi dengan teman sebaya, serta berkonsultasi dengan guru sebelum hari ujian.

Kegiatan SAS juga menjadi sarana bagi peserta didik untuk mengasah kedisiplinan, kedewasaan, integritas akademik, dan kemampuan menyelesaikan masalah—kompetensi penting untuk menghadapi tantangan dunia kerja maupun perguruan tinggi.

Penutup

SMK Nurul Islam Jepara menyampaikan apresiasi kepada seluruh guru, panitia, tenaga kependidikan, serta peserta didik yang telah membantu menyukseskan pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Gasal tahun pelajaran 2025/2026. Diharapkan hasil asesmen ini menjadi motivasi bagi peserta didik untuk terus meningkatkan prestasi baik di bidang akademik maupun kompetensi keahlian.

Semoga dengan kerja sama yang baik dari seluruh warga sekolah, proses pembelajaran pada semester berikutnya dapat berjalan lebih optimal dan memberikan prestasi terbaik untuk SMK Nurul Islam Jepara.

Share this :
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan komentar